Rabu

Teori-Teori Tentang Awal Terciptanya Bumi

Bumi atau dalam bahasa inggrisnya disebut earth adalah planet ke tiga dari matahari. Bumi memiliki berbagai macam sumber daya dari mineral, batu-batuan, air dan paling penting adalah memiliki oksigen. Bumi dapat ditinggali karena memiliki oksigen dan air yang melimpah karna tanpa kedua itu kita sebagai makhluk hidup akan sulit untuk bertahan hidup. 
Pernahkah terpikir dibenak kalian bagaimana bumi tercipta?. Nah berikut ini ada beberapa teori tentang bagaimana awal terciptanya bumi

gambar ilustrasi bumi
1. Teori Planetesimal
Teori menyatakan bahwa matahari terdiri atas suatu massa gas yang sangat besar, yang suatu ketika didekati oleh sebuah bintang lain yang juga melintas dengan kecepatan yang sangat tinggi dekat dengan matahari. Disaat bintang itu melintas dengan kecepatan tinggi dan dekat dengan matahari maka sebagian massa gas dari matahri tersebut akan tertarik keluar dampaknya akan ada suatu gravitasi dari bintang yang melintas tersebut. Setelah bintang yang melintas hilang, massa gas yang berputar mengelilingi matahari tersebut akan menjadi dingin yang lama kelamaan akan menyebabkan terbentuknya cincin yang akan menjadi padat dan disebut dengan planetisimal.
Beberapa dari planetisimal yang terbentuk akan saling tarik menarik dan bergabung menjadi satu yang pada akhirnya akan membentuk planet, termasuk juga bumi.

2. Hipotesa Bintang Kembar
Menurut hiptesa ini awalnya ada dua bintang yang berdekatan, salah satu bintang tersebut meledak hingga berkeping-keping. Akibat pengaruh gravitasi dari bintang kedua, maka kepingan-kepingan tersebut bergeak mengelilingi bintang tersebut dan berubah menjadi planet-planet. Teori ini dikemukakan oleh Fred Hoyle (1915-2001) pada tahun 1956.

3. Teori Tidal
Dalam Teori ini menjelaskan bahwa terbentuknya matahri karena terdapat suatu bintang besar yang mendekati matahari saat masih berbentuk gas, dari besarnya massa matahari dan bintang yang melaju membentuk sebuah tonjolan-tonjolan pada matahri yang disebabkan gaya tarik bintang yang melaju. Semaki menjauh bintang tersebut dengan matahari maka tonjolan-tonjolan tersebut berpisah dan membentuk sebuah gumpalan-gumpalan gas yang membeku dan terbentuklah planet-planet dan salah satunya adalah bumi.Teori ini dikemukakan oleh James Jeans dan Harorld Jeffereys pada tahun 1918.

4. Teori Nebula (Kabut)
 Dalam teori ini menjelaskan bahwa dalam jagat raya terdapat gas yang kemudian berkumpul menjadi kabut (nebula) dan dalam gas tersebut terdapat gas yang memiliki gaya tarik menarik membentuk kumpulan kabut yang sangat tebal dan berputar semakin cepat. perputaran yang sangat cepat itulah yang akhirnya membawa materi kabut bagian khatulistiwa telempat memisah dan memdat. Bagian yang terlempar inilah kemudian menjadi planet-planet termasuk bumi. Teori ini dikemukakan oleh Immanuel Kant dan Piere De Laplace.

5. Teori Bigbang
 Teori Big Bang berawal sejak puluhan milyar tahun yang lalu, ketika pada awalnya terdapat gumpalan kabut raksasa yang berputar pada prosesnya lalu. Putaran tersebut memungkinkan bagian-bagian kecil dan ringan terlempar ke luar serta bagian besarnya berkumpul di pusat dengan membentuk cakram raksasa dimana suatu saat terjadi ledakan dasyat dari gumpalan besar tersebut membentuk galaksi dan nebula-nebula, selama kurang lebih 4,6 milyar tahun, nebula-nebula tersebut membuka dan membentuk galaksi bimasakti, selanjutnya membentuk sistam tata surya, Gumpalan yang terlempar keluar mengalami kondensasi sehingga membentuk gumpalan-gumpalan yang dingin dan memadat. Kemudian gumpalan tersebut membentuk planet-planet, termasuk bumi. (sumber : www.pelajaran.co.id/2016/19/teori-terbentuknya-bumi-menurut-pendapat-para-ahli.html)

Itulah beberapa teori yang dikemukakan mengenai asal mula terciptanya bumi. Namun semua itu cuma teori belum benar-benar pasti dikarenakan keterbatasan ilmu yang dimiliki oleh manusia. Tapi yang pastinya jika kita sebagai makhluk beragama pasti kita akan berfikir bagaimana bisa bumi yang sedemikian indah dan sempurna ini hanya tercipta dari suatu kebetulan belaka dan pasti ada campur tangan tuhan didalamnya.



Terima Kasih Telah Mampir Di Blog sederhana Ini. Jangan lupa klik satu iklan yang terdapat diblog ini untuk mendukung kami :).

Pembaca yang baik adalah yang meninggalkan jejak.
EmoticonEmoticon