Sabtu

Membuat Program Menghitung Total Pembayaran Menggunakan Visual Basic atau VB

     hallo guys udah lama nih gak posting di blog tercinta ini. maklum banyak tugas yang berterbangan dimana-mana. cukup basa-basi nya pada kesempatan kali ini rhiezal blog akan mengshare tentang bagaimana cara membuat program menghitung total pembayaran menggunakan visual basic.
aku langkah-langkah nya bisa dilihat dibawah ini.



Proses pertama sebelum memulai program menentukan total pembayaran pada program Visual Basic adalah membuat label. Pada gambar di atas label berfungsi untuk menampilkan judul, teks, dan penjelasan komponen dalam menentukan total pembayaran. Pada gambar
di atas terdapat lima buah kotak label. Buat lima label dengan cara klik label buat kotak kecil pada layout dan ganti kolom caption label1 dengan tulisan menentukan total pembayaran pada properties dan label yang pertama ini dijadikan sebagai judul program, ubah size dan font style dengan cara klik font pada properties dan ubah font nya ke ukuran 10 dan font style ubah ke bold. Untuk label berat badan, tinggi dan hasil ulangi lagi langkah membuat label menentukan total pembayaran  dan tanpa mengubah  font dan  font style.

Proses kedua sebelum menentukan total pembayaran pada program Visual Basic adalah menambahkan textbox di samping label. Text box berfungsi untuk  mengisi maupun menampilkan data. Pada menentukan total pembayaran, textbox diisi dengan total pembelian, keterangan, total diskon serta untuk menampilkan hasil dari menentukan total pembayaran. Textbox ini dibuat dengan cara klik text box pada tool box kemudian buatlah kotak di samping label seperti gambar di atas. Pada properties, hapus kolom text kemudian hapus juga kolom name yang diganti dengan pembelian. Untuk text box lainnya langkah membuat dan pengaturan pada properties sama saja dengan membuat text box total pembelian.


Proses ketiga sebelum menentukan total pembayaran pada program Visual Basic adalah membuat command button. Command button adalah kontrol yang dipakai sebagai tombol untuk melakukan sebuah proses. Pada gambar di atas terdapat tiga command button. Yang pertama tombol hasil sebagai tombol untuk menampilkan hasil perhitungan, kedua tombol reset sebagai tombol menghapus semua data yang diinputkan pada text box total pembelian, keterangan, total diskon dan juga menghapus output dari penghitungan. Yang ketiga tombol keluar untuk keluar dari layout menentukan total pembelian. Command button di atas dibuat dengan cara klik command button pada tool box. Buatlah kotak kecil pada layout kemudian pada properties nya kolom caption yang bertuliskan command1 dihapus digantikan dengan hasil. Begitu juga dengan perintah reset dan keluar, untuk membuatnya dapat mengikuti langkah-langkah membuat tombol hasil

Proses keempat sebelum menentukan total pembelian yaitu memasukkan deklarasi variabel. Pertama masukkan deklarasi variabel eksplisit seperti Dim tp As Double di atas private sub command1 dengan cara double klik pada tombol hasil di layout sebelumnya. Selanjutnya memasukkan deklarasi variabel implisit seperti yang tertera di bawah private sub command1. Setelah itu kembali ke layout sebelumnya untuk double klik tombol reset kemudian masukkan data seperti gambar diatas untuk mengisi private sub command2. Dan terakhir double klik pada tombol keluar di layout sebelumnya dan masukkan data seperti gambar yang diatas pada private sub command3.

Gambar di atas menunjukkan layout yang akan digunakan untuk menentukan total pembayaran. Pada kotak tersebut tersedia kolom untuk menginputkan nilai masing-masing variabel yang akan dihitung. Pada gambar di atas kolom total pembelian diinputkan dengan angka 81000, kemudian klik hasil maka akan muncul hasil keterangan “Diskon 10%”, total diskon 8100 dan total pembayaran 72900. Terdapat juga tombol reset yang jika diklik maka semua angka pada kolom akan hilang. Dan tombol keluar yang jika diklik akan membuat pengguna keluar dari proses penghitungan ini.

mungkin cuma itu yang bisa saya share jika ada yang kuras jelas bisa langsung ditanyakan.
sekian untuk posting kali ini.

"SEMOGA BERMANFAAT"



Terima Kasih Telah Mampir Di Blog sederhana Ini. Jangan lupa klik satu iklan yang terdapat diblog ini untuk mendukung kami :).

Pembaca yang baik adalah yang meninggalkan jejak.
EmoticonEmoticon